KLABINARIA
Klabinaria adalah
sebuah ruang kolektif dari sekumpulan komunitas berbeda yang ingin menggerakan
industri kreatif lokal di Kota Subang. Semua berawal dari keresahan dari tiap
invidu mengenai kurangnya kesadaran kaum milenial di Kota Subang akan
perubahan, karena anak muda di Kota Subang takut untuk bermimpi besar, apalagi
untuk melakukan sebuah perubahan yang besar.
Nama Klabinaria
berasal dari kata klab, bina, ria. Kata “klab” diartikan sebagai tempat atau wadah berkumpulnya
orang-orang yang memiliki visi, ketertarikan, keinginan, dan tujuan yang sama.
Kata “bina” dapat diartikan sebagai kegiatan mengarahkan, mengelola untuk
menghasilkan suatu tujan atau output yang
sama. Kemudian, kata “ria” berarti kesenangan. Maka kita dapat simpulkan bahwa
arti nama Klabiaria itu adalah suatu wadah yang mengelola serta mengarahkan
orang-orang yang memiliki visi, keinginan, ketertarikan untuk menghasilkan
tujuan dan output yang sama dengan
cara yang menyenangkan. Itulah arti dari nama yang kita usung sebagai
Klabinaria.
Jauh
sebelum terbentuknya Klabinaria, gagasan-gagasan dari tiap individu kreatif
sudah banyak bermunculan. tetapi, pergerakan kongkritnya belum tercipta.
Berlandaskan kepada kegelisahan yang berkecamuk pada setiap individu kreatif,
terciptalah sebuah forum diantara para pelaku kreatif dikota subang. Kemudian
dengan izin Tuhan yang Maha Esa, kita berkomitmen untuk melakukan gerakan yang
kongkrit melalui sebuah wadah yang berkonsep ruang alternatif kolektif yang
dinamakan Klabinaria.
Gagasan-gagasan
tersebut tercipta dari buah pemikiran empat orang pemuda kreatif yang memiliki
basic berbeda tetapi memiliki satu visi yang sama yakni ingin merubah pola
fikir kaum milenial bahwa industri kreatif di kota Subang memiliki potensi yang
sangat besar dan memiliki kualitas yang tidak kalah baik dengan kota-kota besar
seperti Bandung, Jakarta dan kota kota lainnya. Keempat pemuda kreatif yang
mencetuskan gerakan ini diantaranya adalah Toto Topik Hidayat, Ari Akhmad,
Kamal Fadhli, Hendri Arifindani.
Sebagai awal
pergerakan, Klabinaria memiliki satu titik kumpul berupa rumah yang dijadikan
tempat diskusi, offlinestore, dan
warung kecil-kecilan untuk membiayai kebutuhan klab walaupun jumlahnya tidak
banyak. Untuk pergerakan selanjutnya, Klabinaria berperan sebagai pengorganisir
sebuah event (Event Organizer).
Dengan program kerja sepanjang tahun 2019 Klabinaria membuat rangkaian acara
yang berbeda-beda konten setiap bulannya dengan maksud dan tujuan yang sama
yaitu memicu berkembangnya pergerakan generasi milenial pada sektor industri
kreatif dengan konsep pergerakan kolektif.
Sumber : Klabinaria
Koreksi jika ada kesalahan :)
BalasHapusAwesome
BalasHapus